Rabu, 14 Desember 2011

Linux "sistem operasi opensource anti pembajakan"

Linux, mungkin sudah sering kita mendengar kata ini. Tapi apa itu Linux ? Bagaimana itu Linux ? Apakah Linux itu program atau software ? disana-sini masih banyak pertanyaan serupa yang muncul. Alhamdulillah, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi melalui internet, artikel dan tulisan-tulisan tentang linux bisa didapatkan dengan mudah. Salah satunya adalah tulisan seorang newbie pada blog ini.

Linux adalah Sistem Operasi. Jika kenal atau pernah menggunakan Windows. Maka Linux adalah Sistem Operasi seperti Windows. Tanpa sistem operasi, maka komputer apapun yang baru kita beli tidak akan bisa digunakan. Linux adalah salah satu jenis sistem operasi bertipe Unix.

Linux juga biasanya disebut Unix-like, Unix-style atau Unix-clone karena sistemnya dirancang menyerupai Unix. Apapula itu Unix ? Unix adalah sistem operasi yang didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. Dibuat oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an dengan tujuan awal untuk keperluan jaringan komputer (Computer Networking).

Sistem Operasi Linux diberi nama sesuai dengan nama kernel-nya yakni Kernel Linux. Kernel-nya sendiri diberi nama demikian, karena pembuatnya bernama Linus Torvalds, yang kala itu (1991) masih bestatus mahasiswa di salah Universitas di Finlandia. Linux bersifat OpenSource artinya source code-nya terbuka untuk siapa saja untuk dimiliki, dikembangkan, di modifikasi dan diditribusikan kembali tanpa harus membayar lisensi kepada pembuatnya. Istilah kerennya bebas atau free ! syaratnya hanya satu, biarkan orang lain juga melihat source code-nya. Perlu diingat, bahwa free bukan berarti gratis, tapi free berarti bebas.

Linux memiliki banyak jenis distribusi, atau yang sering disebut Distro Linux. Jika di Windows kita kenal Windows XP, Windows Vista atau Windows 7 maka di Linux dikenal banyak distro Linux seperti Redhat, Opensuse, Debian, Ubuntu, Slackware, Gentoo, Fedora, Mandriva, Linuxmint, dan masih banyak lagi.

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Linux itu adalah sistem Operasi. Maka kehadiran Linux ditujukan untuk diinstall di komputer. Tujuannya secara umum ada dua, untuk keperluan sebagai Linux Server atau Linux Desktop. Jika digunakan sebagai Linux Server maka bisa digunakan sebagai Web Server, Mail Server, Proxy Server dan lain-lain. Jika digunakan sebagai Linux Desktop maka bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari misalnya mengetik tulisan, untuk belajar, untuk desain, untuk edit audio/video dan lain-lain. kelebihan linux adalah linux bersifat free (opensource), bebas virus (virus susah untuk berkembang di linux), stabil (sangat jarang Hang, atau terkena Crash), memiliki banyak distro, handal dan powerfull baik untuk keperluan server maupun desktop.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost